Menghemat Waktu dalam Memantau Berita dan Tren Terbaru di Media Sosial

www.pexels.com
www.pexels.com

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis, ada beberapa hal yang mungkin akan selalu dilakukan. Salah satunya yaitu memantau berita dan tren terbaru di media sosial. Ya, tren di media sosial terus berubah dan berkembang. Lalu bagaimana caranya agar Anda tidak tertinggal dengan berita dan tren yang terus berubah tanpa mengganggu aktivitas lainnya? Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba jalankan:

1. Mengecek hashtag di Twitter

Tempat terbaik untuk mengetahui berita atau tren terbaru, di mana lagi kalau bukan di Twitter. Anda bisa memulainya dengan mengecek apa yang menjadi trending topic pada suatu waktu, lalu mulailah untuk mencari beberapa hashtag lain yang berkaitan dengan brand atau industri Anda misalnya #startupindonesia, #socialmediamarketing, dan lain-lain. Hindari mengecek hashtag yang terlalu umum seperti #marketing, karena hanya akan  membuang-buang waktu Anda.

2. Buat daftar Twitter influencer di industri bisnis Anda

Adanya media sosial memungkinkan Anda bisa terhubung langsung dengan para influencer yang berkaitan dengan industri Anda. Ketika ada berita atau tren terbaru, Anda pasti dapat menemukan beberapa influencer tersebut mendiskusikannya di Twitter.

Namun, bagaimana jika Anda bingung menentukan influencer mana yang sesuai dengan brand atau produk Anda? GDILab.com bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu Anda dalam menentukan influencer yang sesuai dengan brand atau produk Anda. Setelah mengetahuinya, luangkan waktu Anda setiap hari untuk mengecek apa yang mereka katakan di Twitter dan jangan malu untuk bertanya langsung pada mereka tentang pertanyaan Anda.

3. Mengecek Instagram explore

Selain Twitter, Instagram bisa menjadi salah satu solusi dalam mengetahui berita dan tren terkini. Tab Instagram explore memungkinkan pengguna untuk mengetahui content yang viral pada suatu waktu. Selain itu, sama halnya dengan Twitter, cobalah untuk mengecek hashtag di kolom pencarian Instagram dan Anda akan menemukan beberapa hashtag yang berkaitan.

4. Bergabunglah dengan grup

Grup merupakan salah satu solusi untuk selalu up to date dengan berita dan tren terkini. Anda bisa bergabung dengan beberapa grup yang ada di Facebook atau LinkedIn, tentunya yang berkaitan dengan industri bisnis Anda. Selain up to date, manfaat bergabung dengan grup yaitu Anda akan bertemu orang-orang baru yang memiliki ketertarikan yang sama dan memungkinkan Anda untuk dapat bertukar pengalaman.

5. Menghadiri konferensi atau event

Luangkan waktu untuk menghadiri konferensi atau event yang terkait dengan industri Anda. Ini akan menjadi kesempatan besar untuk mendengar pakar industri Anda bicara dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin Anda hadapi.

Jika Anda tidak dapat menghadiri secara langsung, Anda bisa mengikuti perkembangannya melalui media sosial. Setiap konferensi atau event pasti memiliki hashtag terkait yang dapat Anda ikuti di Twitter, Facebook, dan Instagram. Tak hanya itu, kini fitur video live juga sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari Instagram hingga Facebook. Dengan adanya fitur tersebut, akan membuat Anda merasa turut hadir di dalam suatu konferensi atau event meski faktanya tidak memungkinkan.

6. Mendengarkan podcast

Tips dan trik terakhir yang bisa Anda coba terapkan yaitu mendengarkan podcast. Podcast bervariasi panjangnya dan memberikan banyak informasi berharga dari para pakar dan influencer dalam bentuk wawancara hingga studi kasus. Anda dapat mendengarkan podcast saat bepergian, di rumah, atau saat Anda sedang beristirahat di rumah.

 

 * Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.