Tips Menghadapi Kompetitor Bisnis

Sumber: www.mobile-cuisine.com

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis, siap menghadapi persaingan adalah hal yang wajib Anda miliki. Apapun bisnis yang Anda geluti, seunik apapun itu, persaingan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Agar tidak merasa terbebani, Anda bisa menjadikan kompetitor sebagai kekuatan untuk menciptakan produk yang lebih inovatif lagi. Bagaimana caranya?

1. Ciptakan Keunikan

Amati rangkaian produk yang kompetitor miliki, dan jadikan sebagai inspirasi untuk menciptakan keunikan pada produk Anda yang tidak ada di produk kompetitor. Jika Anda yakin bahwa keunikan produk Anda bisa mencuri perhatian konsumen, maka bukan masalah besar jika harga produk Anda di atas harga produk kompetitor.

2. Pelihara Kualitas

Percuma memberikan potongan harga besar-besaran jika Anda tidak memperhatikan kualitas produk Anda. Fokus pada detail dan kualitas produk yang mungkin luput dari perhatian kompetitor akan produknya.

3. Manfaatkan Media Sosial

Kekuatan media sosial sebagai sarana memasarkan produk sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Dengan media sosial, memantau aktivitas kompetitor bisa dilakukan dengan mudah. Dengan mengamati media sosial kompetitor, Anda bisa mengetahui bagaimana cara mereka memasarkan produknya, bagaimana bahasanya, dan seaktif apa mereka memperbarui kontennya setiap hari.

4. Pantau dan Analisa Performa

Jika Anda memanfaatkan media sosial untuk mengamati kompetitor, maka hal ini bisa Anda tunjang dengan melakukan pemantauan dan analisa performa kompetitor. Anda bisa menggunakan social media analytics tools untuk mempersingkat pekerjaan Anda. Jika Anda mengincar tools lokal untuk alasan kenyamanan dan kemudahan berkomunikasi jika ada kendala, Anda bisa menggunakan GDILab.com.

GDILab.com bisa membantu Anda dalam membandingkan performa brand Anda dengan brand kompetitor Anda di media sosial Twitter dari jumlah kontributor, dampak yang dihasilkan, dan seberapa jauh jangkauan yang telah dicapai. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menangkap perbincangan mengenai industri bisnis Anda yang bisa membantu Anda dalam menulis content marketing. Dengan membandingkan performa, Anda bisa merancang strategi pemasaran yang lebih ampuh dari sebelumnya dan bisa berinovasi dengan produk terbaru Anda yang mungkin belum pernah terpikirkan oleh kompetitor Anda.

Keberadaan kompetitor bukan untuk membebani, tapi untuk memotivasi dalam mengembangkan bisnis. Selamat mencoba!

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.